Jumat, 04 November 2011

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak

      A. Local Area Networking(LAN)
Jaringan yang terdapat pada sebuah gedung/perkantoran. Disebut juga Jaringan local/jaringan yang terbatas pada area kecil. Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam gedung perkantoran, kampus/sekolah. Terdapat satu komputer sebagai File Server. Fungsinya untuk untuk memberikan layanan software, mengatur aktivitas jaringan, menyimpan file.
Jenis Jaringan
Jarak antar prosesor
Letak processor di tempat sana
LAN
10m
Ruangan
100m
Gedung
1km
Kampus
  Teknologi transmisi yang dapat digunakan adalah Transmisi Kabel Tunggal. Topologi yang digunakan BUS, RING dengan teknologi transmisi broadcast.
Ciri-ciri jaringan LAN :
-          - Digunakan dalam suatu tempat yang jaraknya hanya beberapa meter
-          - Komputer yang digunakan saling membagi sumber daya satu dengan yang lain
-          - Menggunakan sumber daya yang sama
-          - Komputer yang digunakan dapat saling berkomunikasi
-          - Dapat saling bertukar informasi satu komputer dengan yang lain

B.      B. Metropolitan Area Networking(MAN)
Jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Disebut juga jaringan area metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi. Jaringan ini menghubungkan jaringan beberapa kantor yang berdekatan.
Jenis Jaringan
Jarak antar prosesor
Letak processor di tempat sana
MAN
10km
Kota atau provinsi
Kelebihan: jangkauannya luas. Kekurangan: transfer datanya lambat karena jaraknya jauh dan data yang diterima tidak semua asli.

C.      C. Wide Area Networking(WAN)
Jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. Mencakup negara dan benua. Dapat menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya dengan satelit/kabel bawah laut.  
Jenis Jaringan
Jarak antar prosesor
Letak processor di tempat sana
LAN
100km
Negara
1000km
Benua
D.      D. Internet : suatu sambungan antar  komputer yang seling berhubungan

E.       E. Intranet : Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar